Kosa kata menjadi salah satu dasar dari empat keterampilan bahasa,
dan unsur terpenting dalam pengembangan empat kemahiran berbahasa yang baik.
Langkah awal dalam memperkenalkan bahasa Arab adalah dengan pengenalan kosa
kata (mufradat) terlebih dahulu. kemampuan menyimak, Kemampuan berbicara,
kemampuan membaca, dan kemampuan menulis, keempat kemahiran ini akan saling berkaitan
dan menunjang dalam menentukan seseorang untuk mengembangkan kemahiran
berbahasa Arab.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, rumusan dari
masalah ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan
kosakata bahasa Arab siswa dengan kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa
Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penguasaan kosakata
dengan kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Adapun metode
penelitian yang digunakan adalah metode survai dengan teknik korelasi. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang berjumlah 296 siswa.
Sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling
dengan persentase 15 % maka jumlah sampel penelitian yaitu sebanyak 40 siswa,
kemudian instrumen yang digunakan adalah angket dan tes tertulis. Sedangkan
teknik korelasi yang digunakan adalah product moment.
Terlihat dari hasil perhitungan antara variable X (penguasaan
kosakata) dengan variabel Y (Kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab), Hasil
signifikan ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh terhadap penghitungan
nilai jumlah
, dengan demikian peneliti mengambil kesimpulan bahwa besar
(yaitu =0,6364). Hasil
penghitungan ini berkisar antara 0,41-0,70, berarti hubungan positif antara
variable X dan variabel Y itu adalah termasuk hubungan yang sedang. Dengan demikian
berarti hipotesis nol (H0) ditolak, sedangkan hipotesis alternative (Ha)
diterima. Maka kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab dipengaruhi oleh
penguasaan kosakata bahasa Arab.


Dengan
demikian terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan penguasaan kosa kata
siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta memberikan pengaruh terhadap
kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan
siswa pada keterampilan membaca (qiraah).
Penelitian ini berlangsung sejak Februari-Mei 2013 di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta
Peneliti Kurnia Ningsih, Mahasiswi Pendidikan Bahasa Arab 2009 Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
kurang lengkap,,, belum bisa di jadikan bahan rujukan,,!!!
BalasHapus'afwan ukhti fillah, ana msih kurang faham dgn tulisan anti n menurut ana penjabaran yg anti kasih masih kurang, bisa tolong jabarkn lgi lebih rinci, agar mudah difahami.
BalasHapus'afwan wa syukron qoblq wa ba'daha ukhti