Berdasarkan silabus yang telah disusun, pembelajaran mahasiswa pendidikan
bahasa Arab pada tingkat atas ditekankan pada persiapan menghadapi TOAFL dan ujian
komprehenship, adapun TOAFL (Test of Arabic as a Foreign Language) adalah salah
satu alat ukur kemampuan yang di susun dalam bentuk tes keterampilan bahasa untuk
mengetahui tingkat penguasaan bahasa Arab, dan ujian komprehensip adalah tes yang diadakan untuk menguji
kemampuan terhadap pembelajaran yang mencakup seluruh materi sebagai evaluasi
materi yang telah dipelajari yang diujikan secara lisan. TOAFL dan Ujian
Komprehensip menjadi salah satu syarat kelulusan yang harus diikuti mahasiswa
khususnya mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab untuk menempuh strata
tingkat pendidikan S1. Standar kelulusan hasil score TOAFL yang ditetapkan
jurusan pendidikan bahasa Arab adalah 500, dan kriteria kelulusan ujian
Komprehensip yaitu jumlah penilaian gabungan dari dosen penguji dengan standar
terendah kelulusan yaitu 7,00.
Dari Hasil pengamatan peneliti selama beberapa semester terakhir
terhadap mahasiswa pendidikan bahasa Arab yang mengikuti tes TOAFL menunjukkan
hasil score toafl mahasiswa masih dibawah 500 dan ujian Komprehensip yang juga
belum sampai memenuhi standar kelulusan, dari hal tersebut peneliti
mengidentifikasi permasalahan bahwa terdapat mahasiswa yang belum sampai pada
standar kelulusan keduanya, dan harus mengikuti tes TOAFL dan Komprehensip
beberapa kali sampai tercapainya skor yang telah ditetapkan jurusan. Maka dari
itu jurusan membekali pembelajaran dan mencantumkan Mata kuliah Tadribat
Lughawiyah 1 dan 2 sebagai mata
kuliah penunjang untuk melatihkan soal-soal materi-materi bahasa Arab sebagai
bentuk evaluasi untuk tes TOAFL dan Komprehensip.
Maka berdasarkan latar belakang yang diuraikan, permasalahan dalam
penelitian ini adalah bagaimana pengaruh mata kuliah Tadribat Lughowiyah
terhadap peningkatan skor TOAFL dan kelulusan nilai ujian komprehensif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah Tadribat
Lughowiyah terhadap peningkatan skor TOAFL dan kelulusan nilai ujian
Komprehensif. Manfaat dari penelitian
ini memberikan infomasi bagaimana pengaruh mata kuliah Tadribat Lughowiyah
terhadap peningkatan skor TOAFL dan kelulusan nilai ujian Komprehensif. Adapun
jenis penelitian ini adalah Kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan
metode eksperimental dan analisis statistik dengan menganalisis skor TOAFL dan
tingkat kelulusan mahasiswa dalam ujian Komprehensif . Penelitian ini
menggunakan pure sampling yaitu sampel penuh karena populasi kurang dari
100 orang, dengan demikian sampel dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PBA
UIN Jakarta semester delapan angkatan 2012-2013 yang berjumlah 63 orang.
Instrumen penelitian yaitu berbentuk pre test dan post test.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji
formalitas Chi kuadrat dan product moment.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar