Rabu, 06 Maret 2013

Peduli Mukena Bersih


Peduli Mukena Bersih
I . Pendahuluan
A.       Dasar Pemikiran

Bismillahirrahmanirrohim,
           
  Segala puji bagi Allah SWT Tuhan semesta alam yang telah menciptakan manusia dengan fitrah menyukai keindahan dan kebersihan. Aspek kebersihan menjadi bagian dari iman seorang dalam rangka menjalankan ibadah sebagai kewajiban seorang hamba terhadap Tuhannya. Kebersihan di dalam Islam sangat diperhatikan, bahkan kebersihan menjadi sebuah ibadah ketika dirangkaikan dengan ibadah mahdhah, demikian pula kebersihan juga menjadi salah satu syarat sah shalat yang harus dipenuhi seorang muslim dalam menjalankan ibadah mahdhoh seperti shalat.
Shalat termasuk rukun islam kedua dan juga merupakan tiang agama. Shalat menjadi kewajiban mutlak yang harus dijalankan seorang muslim dalam wujud beribadah kepada Allah. Kebersihan dalam shalat sangat diperhatikan untuk  menjaga esensi dari shalat dan menjamin kesempurnaan shalat yang dilaksanakan. Dalam shalat kebersihan lahir merupakan tanda akan proses kebersihan batin yang diperoleh dari kekhusyuan shalat.
Bersuci merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Sesuatu yang suci pasti identik dengan bersih. Bersih tehadap kondisi jiwa dan raga, bersih jiwanya berarti seseorang yang melakukan sholat sedang tidak dalam keadaan mabuk atau tak sadar, sedangkan bersih raga adalah bersih secara jasmani. Bersih dari kotoran yang menempel di badan ataupun benda yang melekat pada tubuhnya.
Pelaksanaan shalat para muslimah khususnya di Indonesia yaitu menggunakan mukena sebagai atribut kelengkapan pelaksanaannya, mukena menjadi salah satu tradisi kebudayaan Indonesia yang digunakan untuk menunaikan ibadah shalat, tujuan mukena yang digunakan adalah sebagai alat penutup aurat wanita yang ditetapkan syariat islam yaitu seluruh tubuh wanita kecuali muka dan telapak tangan, dan biasanya mayoritas para muslimah menggunakan mukena bewarna putih yang dianggap mencerminkan nilai kebersihan dan kesucian.
Dari hal yang telah digambarkan, maka Mukena Bersih menjadi salah satu atribut penunjang nilai-nilai kebersihan dalam melaksanakan ibadah shalat muslimah untuk mencapai tujuan dan esensi dari shalat, yaitu penyucian jiwa dan raga dari kotoran yang nampak ataupun yang tak nampak oleh mata.
Namun, jika kita melihat realita sekitar di lingkungan peribadahan yaitu mushola-mushola atau masjid-masjid, tidak jarang kita temukan mukena yang tidak memenuhi kelayakan untuk digunakan, bisa dibilang termasuk mukena kotor dan lusuh karena kurang perawatan dan penjagaan kebersihannya.
Maka dari itu, dibutuhkan kesadaran akan pentingnya kepedulian terhadap pengelolaan dan perawatan mukena-mukena sebagai pelayanan umum yang disediakan ditempat peribadahan, dari sini kami menggagas mengadakan program “Peduli Mukena Bersih  sebagai awal langkah evaluasi dan pembenahan aktifitas beribadah khusunya memfasilitasi dan mengelola penggunaan mukena bersih di setiap lingkungan peribadahan, yaitu mushola-mushola dan masjid-masjid.
Kami penggagas dan pengurus program “Peduli Mukena Bersih” yang berstatus sebagai mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah mengajak kepada Bapak Ibu sekalian untuk berpartisipasi dan untuk bekerjasama baik menjadi relawan, simpatisan, atau donatur untuk keberlangsungan program ini menjadi sebuah gerakan kepedulian kita untuk merawat dan menjaga kebersihan dalam penggunaan atribut pelaksaan ibadah shalat secara bersih sehingga kita berusaha menjaga nilai-nilai kesempurnaan shalat, di lingkungan tempat peribadahan sekitar kita.
 
 



B.     Sasaran dan Tujuan
Sasaran dari Peduli Mukena Bersih adalah mushola dan tempat peribadahan kampus UIN Syarif Hidayatullah dan mushola-mushola di beberapa tempat perbelanjaan, pasar, dan mushola pinggir jalan yang biasa dikunjungi dan disinggahi para pengguna jalan, target dan sasaran melalui beberapa tahapan, diantaranya:

Tahapan pertama:
1.      1 Mushola Perpustakaan Utama dan  1 Mushola Student Center
2.      6 Musholla di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
3.      3 Musholla di Fakultas Syariah dan Hukum
4.      1 Mushola di Fakultas Dirasah Islamiyyah

Tahapan kedua:
1.         3 mushola di Fakultas Adab dan Humaniora
2.         3 mushola di Fakultas Dawah dan Komunikasi
3.         4 mushola di Fakultas Ushuluddin
4.         3 mushola di Fakultas Ekonomi dan Bisnis
5.         3 mushola di Fakultas Sains dan Teknologi

Tahapan ketiga:
1.         2 mushola di Fakultas Psikologi
2.         1 mushola di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
3.         1 mushola di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Tahapan keempat:
1.      Beberapa mushola dan masjid sekitar Tangerang Selatan, Tangerang dan Jakarta.
a.       2 mushola pasar Ciledug Tangerang (sudah berjalan, relawan Bu Silvia Wahyuni)
b.      1 mushola pasar bengkok Ciledug  Tangerang (sudah berjalan, relawan Yasimah)
c.       1 mushola Ramayana Ciputat Tangerang Selatan (Relawan Mia Zainatul Hamidah)
d.      1 Mushola pasar Cengkareng Jakarta Barat (Relawan, Siti Nadhroh)
e.       1 Mushola pinggir jalan Cipondoh Tangerang (sudah berjalan, relawan Yasimah)
f.       1 Mushola pinggir jalan Lebak Bulus Jakarta Selatan
g.      1 Mushola pinggir jalan Tebet Jakarta Selatan

Adapun tujuan diadakannya program ini, yaitu:
1.      Memupuk kesadaran bersama untuk memperhatikan nilai kebersihan khususnya dalam menggunakan mukena bersih
2.      Membangun kepedulian bersama dalam pengelolaan dan pemeliharaan mukena bersih di setiap mushola sekitar
3.      Sebagai wadah  yang melayani pengelolaan dan perawatan mukena-mukena khusunya di mushola-mushola sekitar

C.     Nama Kegiatan
 Nama program ini adalah Peduli Mukena Bersih (PMB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, program ini atas kerjasama pengurus PMB dengan para relawan yang berstatus sebagai mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah yang bersedia menjadi relawan yang merawat dan memelihara mukena-mukena pada program ini.

D.    Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan ini, berbasis relawan, dirancang sesederhana mungkin untuk mengajak mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah ikut berpartisipasi menjadi relawan kegiatan penggalangan dana dan relawan pemeliharaan mukena.
Adapun program kegiatan Peduli Mukena Bersih adalah sebagai berikut:
1.      Relawan Pemelihara PMB adalah mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah (maks. semester 6) yang memahami tujuan dan manfaat program PMB dan ingin berpartisipasi dengan memberikan komitmennya untuk memelihara mukena di mushola lingkungan kampus UIN Syarif Hidayatullah.
2.      Setiap mushola memiliki 2 set, 1 set disediakan untuk dipakai di setiap mushola, dan set kedua dijadikan mukena pengganti berkala dalam 2 minggu sekali
3.      Apabila relawan pemelihara tidak bisa melanjutkan pemeliharaan karena suatu hal di mushola yang telah ditentukan,  maka Relawan Pemelihara yang bersangkutan dapat mengamanahkan kembali kepada orang yang dapat melanjutkan pemeliharaan dan melaporkan ke pengurus PMB.
4.      Setiap kerusakan/ kehilangan mukena PMB harus dilaporkan kepada PMB untuk ditindaklanjuti.
5.      Relawan penggalangan dana, berperan menggalang dana melalui perpanjang proposal baik ke pihak individu yang berkenan menyumbang, beberapa yayasan, instansi atau lembaga kemasyarakatan ntuk pemeliharaan dan perawatan mukena,
6.      Apabila pemeliharaan mukena kekurangan biaya perawatan/bulan, agar melaporkannya ke pengurus PMB untuk difasilitasi (sementara).

E.     Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan ini diselenggarakan oleh seluruh pengurus Peduli Mukena Bersih (PMB) dan seluruh  Relawan dan Simpatisan di setiap Fakultas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

F.      Anggaran Biaya
Kegiatan ini menghabiskan dana sebesar Rp. ­39.700.000 ( Tiga puluh sembilan juta tujuh ratus ribu rupiah) Adapun rincian anggaran dana tersebut terlampir.

G.    Sumber Dana
1.      Donatur
2.      Sumber dana lain yang tidak terikat

H.    Penutup
Demikian proposal ini dibuat, dukungan dan bantuan yang diberikan merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap keberhasilan dan kesuksesan program yang dilaksanakan. Atas bantuan dan kebijaksanaan yang diberikan oleh setiap pihak, kami ucapkan terima kasih.

 Ketua Kegiatan 

Kurnia Ningsih 
Mahasiswi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta